Head

Sabtu, 06 Juli 2013

Mencari "Remis" Untuk Mengisi Waktu Liburan Sekolah

Liburan sekolah tahun ini terasa panjang karena bertepatan dengan libur awal puasa bulan ramadhan tahun 1434 H selama 3 minggu mulai tanggal 23 Juni 2013 sampai dengan tanggal 14 Juli 2013. Liburan kali ini dimanfaatkan oleh anak-anak pesisr pantai di sekitar pantai Boom Tuban untuk mencari "Remis" yaitu sebangsa kerang laut yang hidup di bebatuan karang yang ada di sepanjang bibir pantai Boom Tuban.

Cara memperoleh remis ini susah-susah gampang dikarenakan resiko yang diakibatkannya bisa tergores batu-batu karang. Dengan menggunakan alat sederhana yaitu wadah plastik dan paku yang sudah dimodifikasi dengan pegangannya menyerypai huruf L yang digunakan untuk memecahkan kulit kerang yang menempel di batu karang dan mengambil remis itu sendiri setelah kulit kerang sudah dipecahkan. 

Sebutsaja Dodo dan dua orang temannya membantu ibunya mencari remis di sepanjang bibir pantai Boom Tuban. "Sudah biasa pak, sebentar saja saya sudah dapat banyak" ujarnya. Selain untuk dikonsumsi sendiri remis-remis ini kalau banyak juga laku dijual. Semoga anak-anak kita dapat memanfaatkan waktu liburan kali ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat baginya. (Erw)

Tidak ada komentar: