Head

Senin, 13 Mei 2013

Wisata Pantai Tasikharjo Tinggal Kenangan



Pantai Tasikharjo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu di era 1980-an menjadi salah satu primadona tempat wisata di Tuban. Namun, kini pantai yang mempesona itu tinggal kenangan. Pantai yang berada di Kecamatan Jenu ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahan panoramanya.
Berbagai tanaman menghiasi pantai ini seperti pohon cemara dan pohon kelapa menjadi tumbuhan utama dipantai ini. Selain itu, dipantai Tasikharjo ini juga banyak terdapat mainan anak-anak seperti ayunan, prosotan, dan berbagai mainan anak-anak lainnya. Banyaknya kerang laut dipantai ini juga menjadi daya tarik tersediri bagai para wisatawan. ”Dulu pantai Tasikharjo itu menjadi salah satu objek wisata andalan Tuban,” ujar Direktur LSM Cagar Edy Toyibi saat ditemui kotatuban.com.
Menurutnya, sejak beberapa tahun kemudian wisata Pantai Tasikharjo ini rusak dan terlantar. Rusaknya pantai ini dikarenakan abrasi gelombang air laut. Selain itu, juga ulah tangan manusia juga mengakibatkan rusaknya pantai ini. Seperti tumbuhan yang tubuh dipantai ini banyak ditebang sehingga terjadi abrasi. ”Yang dulu daratan sekarang menjadi laut lebih dari 150 meter sendiri,” ujar anggota Panwaslu Kabupaten Tuban itu.
Lebih lanjut Edy mengatakan, saat ini tak ada lagi jejak-jejak bangunan atau bekas mainan anak-anak apapun yang meninggalkan kenangan tentang  kejayaan Pantai Tasikharjo itu di masa lalu. Yang tersisa dan tetap abadi adalah pesona keindahan pantai dengan  pasir putihnya. Namun, keindahan pasir ini dirusak oleh tebaran sampah yang terbawa gelombang air laut dipantai Tasikharjo ini. ”Untunglah saat ini dipantai ini mulai ditanami kembali pohon cemara. Semoga saja kejayaan pantai ini kembali lagi,” pungkasnya.
Sumber : kotatuban.com
Poskan Komentar